- Vitamin K bagus untuk kesehatan jantung

Minggu, 15 April 2018

Vitamin K bagus untuk kesehatan jantung

Vitamin K bagus untuk kesehatan jantung,- Wacana mengenai pentingnya vitamin K mulai muncul baru-baru ini. Banyak orang yang khawatir mereka tidak memiliki cukup asupan vitamin K. Vitamin K mulai diperhitungkan setelah beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin K sangat dibutuhkan untuk menambah kepadatan tulang dan melindungi Anda dari patah tulang pinggul. Vitamin K juga dikatakan dapat melindungi jantung dengan menjaga darah mengalir teratur melalui arteri Anda.

Apa yang harus diketahui tentang nutrisi Vitamin K?

Jika Anda makan asparagus, kale, dan brokoli secara teratur, Anda mungkin tidak akan kekurangan vitamin K. Tetapi hanya satu jenis. Vitamin K yang terdapat pada brokoli atau asparagus disebut vitamin K1 atau phylloquinone. K1 sangat berguna untuk membantu pembekuan darah Anda.

Jika Anda memiliki panyakit Crohn atau penyakit lain yang mengganggu penyerapan asupan zat dan nutrisi pada tubuh, Anda mungkin kekurangan vitamin K1. Tetapi jika tidak, maka kemungkinan besar Anda sudah mendapat cukup vitamin K1 dalam tubuh Anda. Namun jangan senang dulu, bisa jadi Anda kekurangan vitamin K jenis lain, yaitu K2 atau menaquinone.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin K2 dibutuhkan untuk mengatur tingkat kalsium dalam tubuh Anda. Selama beberapa abad, dokter mendapati adanya tulang aneh yang tumbuh dan berkembang pada pembuluh arteri mereka ketika umur mereka bertambah. Biasanya ini terjadi pada orang-orang di usia lanjut. Mereka menyadari bahwa tulang yang tidak seharusnya ada itu adalah kalsium. Tentu saja kemunculan tulang pada arteri tersebut dapat mengganggu peredaran darah mereka ke jantung.

Mengatasi kekurangan K2 dengan keju?

Sebuah penelitian di Belanda mengawasi 16.000 wanita selama delapan tahun. Wanita-wanita ini tidak memiliki penyakit jantung koroner saat penelitian dimulai. Asupan vitamin K1 dan K2 mereka terus dipantau. Hingga pada akhir penelitian, hampir 500 wanita mulai memiliki penyakit jantung koroner. Hal ini karena mereka mengurangi konsumsi keju, telur, dan daging.

Mengejutkan bukan? Keju, telur, dan daging yang biasanya dilarang untuk dikonsumsi karena kandungan lemak yang tidak sedikit ternyata mampu memberikan asupan vitamin K2 untuk mencegah penyakit jantung. Karena vitamin K2 adalah vitamin yang larut dalam lemak, maka vitamin ini bisa bekerja sangat baik jika ada pada makanan yang berlemak. Ini membuat keju dan daging menjadi sumber vitamin K2 yang baik.

Walaupun begitu, peneliti mengatakan sulit untuk memenuhi semua asupan K2 yang Anda butuhkan, kecuali Anda makan natto, yaitu makanan Jepang yang difermentasi. Natto adalah makanan yang lengket dan memiliki bau yang khas, sehingga jarang sekali ada yang memakannya, kecuali orang Jepang yang sudah terbiasa memakan natto sejak kecil.

Memang agak menyulitkan, karena dengan meningkatkan nutrisi vitamin K, Anda harus banyak-banyak mengkonsumsi keju dan daging. Sementara Anda juga harus mewaspadai dua makanan itu untuk tetap menjaga tingkat lemak dan kolesterol dalam tubuh Anda dan untuk tetap membuat jantung Anda sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar